rapid test di indonesia

Ini yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum & Sesudah Melakukan Rapid Test

Layanan rapid test di Indonesia. Sudah beberapa bulan belakangan ini kita masih bergelut dengan Covid-19 atau yang disebut Corona. Banyak orang yang sudah menjadi korban, banyak juga yang sedang berjuang dari Corona dan mempertahankan diri sebaik mungkin agar tidak terjangkit virus ini.

Pemerintah di berbagai negara pun berusaha keras mencari solusinya.

Seperti yang kta ketahhui bersama, virus yang mengacam dunia ini pertama kali tersebar di Wuhan dan sudah menginfeksi banyak orang.

Proses penularannya yang sangat cepat, membuat banyak orang lebih mudah terjangkit virus ini. Terutama bagi mereka yang rentan terhadap serangan penyakit, termasuk Covid-19.

Sekilas Tentang Corona di Indonesia

Di Indonesia sendiri kasus penyebaran Corona sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu. Bahkan sampai saat ini jumlah penderita Corona di Indonesia masih terus bertambah.

Tentu saja diiringi dengan jumlah pasien sembuh dan orang-orang yang diduga terjangkit Covid-19 namun dinyatakan negatif setelah menjalani serangkaian tes kesehatan.

Hingga saat ini menurut data yang dirilis oleh Kemenkes, ada sekitar 46.845 orang yang terkonfirmasi terjangkit Corona. Sementara itu ada sekitar 18.735 orang yang dinyatakan sembuh.

Tentu ini tidak terlepas dari kerjasama antara petugas medis, pemerintah dan masyarkat.

Selama berbulan-bulan kita dihimbau untuk selalu berada di rumah, melakukan segala aktivitas pekerjaan dari rumah, dan tidak lupa untuk selalu mematuhhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah melalui arahan para tenaga medis.

Cara Mendeteksi Corona

Setidaknya ada tiga cara mendeteksi Corona yang diterapkan di Indonesia. Masing-masing metode ini memiliki tingkat akurasi yang berbeda-beda, namun saling berhubungan untuk memastikan seorang pasien terkena Covid-19 atau tidak.

Tes RT-PCR

RT-PCR (Real Time-Polymere Chain Reaction) jadi salah satu cara yang paling sering digunakan saat ini untuk memeriksa pasien Corona. Kita bisa menyebutnya Swab test.

Tes menggunakan metode ini diklaim memiliki akurasi hingga 95%. Sehingga para ahli menyebutnya sebagai “golden standard” untuk pemeriksaan Covid.

Tes Cepat Mokuler (TCM)

TCM (Tes Cepat Mokuler) merupakan cara lainnya yang juga digunakan untuk memastikan adanya Covid-19 pada seseorang.

Sebelum Corona melanda seperti saat ini, TCM sering digunakan untuk mendeteksi pasien TB/TBC, HIV, dan beberapa jenis penyakit lainnya. Tingkat akurasinya sama dengan tes RT-PCR.

Rapid Test

Selain Swab test, banyak dari kita yang juga tidak asing dengan istilah rapid test (Rapid Diagnostic Test). Salah satu cara yang dilakukan tim media untuk memeriksa pasien yang diduga terpapar Corona.

Rapid test dilakukan untuk mengecek antibodi seseorang yang terjangkit virus.

Nantinya hasil Rapid test masih akan dicocokkan lagi dengan hasil tes lain seperti RT-PCR. Pemeriksaan menggunakan RDT ini biasanya akan dilakukan sebanyak dua kali.

Jika hasil salah satunya positif, maka akan dipastikan lagi dengan mebandingkan hasil RT-PCR.

Layanan Rapid Test di Indonesia

Pemerintah Indonesia melalui Kemetrian Kesehatan (Kemenkes) memberikan arahan kepada masyarakat untuk melakukan rapid test di sejumlah tempat yang menjadi rujukan pasien Covid-19.

Masyarakat bisa melakukan rapid test di rumah sakit terdekat yang sudah memiliki alat untuk melakukan tes tersebut.

Selain melalui rumah sakit rujukan pemerintah, kita juga diberikan kemudahan untuk melakukan rapid test di beberapa tempat lain. Kita pun bisa menggunakan layanan aplikasi kesehatan untuk dapat melakukan tes ini.

Lakukan Hal ini Sebelum Melakukan Rapid Test

Jika kamu berniat utuk melakukan rapid test, setidaknya kamu bisa lakukan beberapa hal berikut ini sebelum melakukan tes. Semua persiapan ini akan membantu kamu mempercepat proses rapid test.

Datang Tepat Waktu

Setelah mendaftar dan mendapatkan akses untuk melakukan rapid test, sebaiknya datang tepat waktu ke tempat di aman kamu akan melakukan tes tersebut.

Meski begitu, hindari untuk datang ke lokasi lebih awal. Pastikan saja waktu kedatanganmu dengan waktu yang tertera di jadwal pemeriksaan.

Pakai Masker

Selalu kenakan masker ketika berada di luar rumah. Ini adalah salah satu protokol kesehatan yang harus kita perhatikan bersama. Begitu juga ketika akan melakukan tes kesehatan menggunakan rapid test.

Bawa Dokumen yang Diperlukan

Ketika sudah sampai di lokasi tes, petugas akan melakukan pengecekkan kelengkapan dokumen. Maka dari itu, pastikan kamu juga sudah membawa semua dokumen yang diperlukan sebelum berangkat.

Dokumen yang akan diperiksa seperti KTP, Kartu Keluarga, dan SMS konfirmasi. Untuk itu, pastikan juga kamu membawa handphone untuk menunjukkan SMS tersebut.

Lakukan Hal ini Setelah Melakukan Rapid Test

Setelah melakukan rapid test, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, beberapa diantaranya sebagai berikut.

Rapid test diklaim memiliki kecepatan yang sangat baik dalam proses pengecekkan Corona. Hasilnya bisa keluar dengan sangat cepat.

Namun karena minimnya tenaga medis dan banyaknya pasien yang juga melakukan tes ini, maka yang bisa kita lakukan adalah menunggu dengan sabar keluarnya hasil pemeriksaan.

Jika kamu melakukan rapid test menggunakan layanan aplikasi kesehatan, umumnya kamu akan mendapatkan pemberitahuan dari aplikasi tersebut.

Hasil tes biasanya bisa langsung diberikan setelah satu hari proses pemeriksaan.

Jangan Panik

Selama proses menunggu biasanya kita akan mengalami rasa cemas. Apalagi jika terus-menerus menerima informasi negatif tentang perkembangan covid-19 di sekitar kita. Untuk itu kita harus tetap tenang setelah melakukan proses pemeriksaan.

Kalau pun hasilnya dinyatakan positif, kamu bisa melakukan konsultasi kepada dokter yang lebih ahli dalam hal ini.

Konsultasi dengan Dokter

Setelah hasil tes kita dapatkan, ada baiknya untuk tetap melakukan konsultasi ke dokter. Terutama dokter yang memang menangani kasus Covid-19 di Indonesia.

Dengan melakukan konsultasi pada dokter yang ahli di bidang ini, kamu akan lebih mudah untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya yang diperlukan.

Jika kamu kesulitan untuk melakukan rapid test dan konsultasi kepada dokter, kamu bisa gunakan layanan rapid test dari halodoc untuk melakukan pengecekkan dan konsultasi kesehatan.

Halodoc adalah salah satu aplikasi kesehatan yang memberikan banyak kemudahan informasi terkait covid-19.

Lakukan rapid test sesegera mungkin jika kamu merasa memiliki gejala Corona. Lakukan konsultasi secara berkala dengan dokter terkait. Pastikan kamu tetap aman dari Corona.

Ini yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum & Sesudah Melakukan Rapid Test

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *