Cara Membuat Parfum Kopi Sendiri di Rumah 1

Cara Membuat Parfum Kopi Sendiri di Rumah

Parfum kopi belakangan jadi bahasan yang menarik di kalangan para pebisnis online. Inovasi yang terbilang unik ini membuat kita memiliki pemahaman berbeda tentang bagaimana mengolah dan menikmati kopi yang biasa kita minum setiap hari.

Sebagian besar orang mungkin hanya mengetahui kopi sebagai olahan minuman yang memiliki rasa pahit yang nikmat.

Namun di tangan orang-orang kreatif ternyata kopi bisa disulap menjadi berbagai produk yang menarik. Kopi sendiri memang memiliki banyak manfaat selain rasanya yang nikmat dan mengundang semangat.

Bahkan wangi dari minuman ini pun sangat ramah dengan organ penciuman kita.

parfum aroma kopi yang menenangkan
Aroma kopi yang menangkan

Manfaat Aroma Kopi

Bukan hanya racikannya yang terasa nikmat saat dijadikan sebagai minuman, ternyata aroma kopi pun memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Bahkan bisa untuk relaksasi.

Beberapa manfaat kopi berikut ini akan membuat kamu semakin suka dengan minuman satu ini.

Meningkatkan Stamina Tubuh

Wangi yang dihasilkan oleh kopi memiliki aroma terapi yang baik bagi tubuh. Aroma tersebut memberikan asupan energi alami bagi tubuh. Sehingga stamina tubuh kita bisa meningkat dengan baik.

Kita pun bisa menggunakan serbuk kopi sebagai pengharum ruangan dengan cara menyimpannya pada sudut-sudut ruangan, terutama ruang kerja.

Mengurangi Stres

Ketika sedang mengalami stres, menikmati aroma kopi diyakini bisa memberikan efek yang membantu pikiran jadi lebih tenang dan lebih mudah untuk mendapatkan inspirasi ketika sedang kesulitan menemukan ide.

Penetral Bau Tak Sedap

Fungsi lain dari aroma kopi yang menenangkan juga bisa dijadikan sebagai penetral bau. Misalnya saja pada kulkas yang mulai mengeluarkan bau tak sedap. Kita bisa menyimpan serbuk kopi di salah satu sudutnya.

Cara yang sama juga bisa kita coba pada sepatu agar tidak menimbulkan bau yang menusuk penciuman kita.

Penggunaan Parfum Aroma Kopi

Banyaknya penemuan-penemuan baru membuat kopi tak hanya sekedar minuman, kini sudah cukup banyak yang kemudian mengolah kopi sebagai parfum.

Parfum aroma kopi sendiri biasanya digunakan untuk membuat ruang kerja atau ruang keluarga terasa lebih nyaman dengan aroma yang khas.

Selain itu juga digunakan sebagai pengharum mobil. Bahkan ada pula yang menggunakan parfum ini sebagai pengharum baju dan pengganti minyak wangi yang umumnya digunakan untuk badan kita.

Aneka Parfum Aroma Kopi

Walau belakangan mulai banyak yang menggunakan, ternyata parfum aroma kopi ini bukan sesuatu yang baru.

Menurut rilis dari Kotan, parfum model ini sudah ada sejak 2015 dan dikemas dengan kemasan yang unik namun tetap ekonomis.

Biasanya menggunakan kain goni yang didesain semenarik mungkin.

Salah satu brand parfum kopi yang sudah cukup terkenal yaitu Koke. Produsen parfum kopi ini bahkan menjalin kerjasama dengan petani biji kopi di beberapa daerah di Indonesia.

Varian wangi yang mereka tawarkan adalah black coffee, mocacinno dan choco coffee.

Ada juga Blackseed dari Yogyakarta. Produsen satu ini hanya memiliki satu varian saja, yaitu original. Namun produk yang ditawarkannya diklaim mampu bertahan hingga 1,5 bulan.

Harga yang ditawarkan untuk produk itu pun terjangkau, yaitu Rp. 35.000/produk.

Beberapa produk parfum kopi lainnya saat ini pun bisa kita temukan dengan sangat mudah di berbagai marketplace. Aneka wangi yang ditawarkan juga lebih variatif.

Tinggal menyesuaikan dengan kesanggupan kita dalam membeli serta aroma yang disukai.

Membuat Parfum Kopi di Rumah

Jika belum berniat untuk membeli di marketplace dan ingin mencoba membuat parfum kopi sendiri, kita bisa mencoba untuk membuatnya di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuatnya pun terbilang mudah.

membuat parfum kopi di rumah
Bikin parfum kopi di rumah, bisa kok!

Cara yang kita coba ini adalah cara membuat pewangi ruangan menggunakan biji kopi. Pertama, untuk bahan-bahannya kita siapkan pita atau tali. Bisa juga menggunakan kawat jika ada.

Kemudian kita juga memerlukan kain jaring. Selanjutnya kita tentu saja memerlukan biji kopi yang akan digunakan sebagai bahan utama.

Untuk proses pembuatannya sendiri pertama-tama biji kopi harus disangrai terlebih dahulu. Setelah itu biji kopi yang sudah siap kita masukkan ke dalam kain jaring yang sudah disiapkan.

Masukkan biji kopi secukupnya saja. Langkah terakhir, tutup kain jaring menggunakan tali atau kawat. Simpan di tempat yang kita inginkan.

Biji kopi yang digunakan juga bisa dihaluskan dan bubuknya dipakai sebagai pengharum ruangan. Tapi tentu saja kain yang digunakan pun berbeda.

Agar aroma tetap terjaga, pastikan untuk mengganti biji kopi secara teratur beberapa hari sekali. Sebab biasanya jika berada di ruangan terbuka aromanya akan lebih cepat hilang.

Sekarang kita bisa memilih untuk menggunakan parfum kopi siap pakai atau membuatnya sendiri di rumah. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Untuk pembelian secara online misalnya, kita memiliki banyak pilihan aroma dan sudah tersedia dalam bentuk cair yang bisa dipakai dengan cara semprot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *